Blogger Widgets

Minggu, 21 Desember 2014

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/ SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
LAYANAN INFORMASI



1.        Topik Bahasan                                    :  Sehat belajar melalui belajar efektif dan efisien
2.        Bidang Bimbingan                             :  Belajar
3.        Fungsi Layanan                                  :  Pemahaman
4.        Sasaran Layanan/Semester                 :  Mahasiswa BK UNNES /  Semester  3
5.        Tempat Penyelenggaraan                   :  Di Gedung A2, LAB BK         
6.        Waktu Penyelenggaraan                     :  (1 x 35 menit ) 1 x Pertemuan
7.        Pihak-pihak yang Dilibatkan              : Mahasiswa BK UNNES semester 3 rombel 2   
8.        Metode                                               : Ceramah, Diskusi, Pemberian tugas
9.        Tujuan Layanan                                  :
·        Mahasiswa dapat menafsirkan pengertian dari belajar, belajar efektif dan efisien.
·        Mahasiswa dapat memahami prinsip efisiensi dalam belajar.
·        Mahasiswa dapat mengetahui cara yang harus dilakukan dalam belajar yang efektif dan efisien.
·        Mahasiswa dapat merencanakan dan membuat jadwal untuk belajar dengan teratur.
10.         Materi                                                 : Sehat belajar melalui belajar efektif dan efisien
·  Pengertian belajar efektif dan efisien
·  Prinsip belajar
·  Cara belajar yang efektif dan efisien
·  Jadwal yang efektif untuk teratur belajar
·  Tips belajar secara efektif
11.          Uraian Kegiatan/Skenario                 :
a.         Kegiatan pendahuluan           :
1) Pembinaan hubungan baik : Salam, Pembukaan, Perkenalan
2) Apersepsi dari layanan yang akan diberikan
3) Penyampaian tujuan pemberian layanan
b.         Kegiatan Inti                        :
1)  Mengamati ( learning To know) àBerpikir
Mahasiswa dalam keadaan duduk berkelompok, konselor menanyakan apakah yang mahasiswa ketahui tentang belajar efektif dan efisien ? Dilanjutkan dengan menanyakan kebiasaan belajar yang saat ini mereka jalani.
2) Menanya ( learning To know) à Merasa
Mahasiswa secara perwakilan mampu menceritakan kebiasannya menggunakan waktu untuk belajar.
3)  Mengumpulkan Informasi (learning To know)àBersikap
Mahasiswa dapat mengidentifikasi permasalahan belajar yang dialami dan menguraikan faktor penyebabnya dalam belajar menurut materi yang telah disampaikan.
4) Mengasosiasi ( Learning to do)àBertindak
Mahasiswa diarahkan untuk membuat jadwal belajar yang efektik dan sehat.         
5) Mengkomunikasikan (learning To Live Together)àBertanggungjawab
Mahasiswa dapat menyimpulkan kembali materi yang telah disampaikan menurut bahasa sendiri
c.         Kegiatan Penutup
1) Merangkum hasil kegiatan pemberian layanan
2) Evaluasi
3) Motivasi

12.    Sumber/Bahan, Media, dan Alat             :
a.      Sumber : 
1)      Bahan Bacaan : internet
A.Ahmadi, Widodo S. 2004.Psikologi Belajar.Jakarta: PT RINEKA CIPTA

S. Nasution,2000. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
2)      Powerpoint
b.      Media : Powerpoint,
c.       Alat : Laptop, LCD, , papan tulis, spidol
13.    Rencana Penilaian : penilaian hasil dan proses
a.       Penilaian Hasil
       Laiseg                                   :
Memberi pertanyaan secara acak kepada siswa setelah layanan diberikan:
·         Apa sajakah topic yang telah dibahas dalam layanan ini?
·         Apa manfaat dari pemberian layanan ini?
·   Bagaimana cara yang anda lakukan setelah diadakan layanan ini dalam kebiasaan belajar anda?
·   Apa tanggapan, saran, atau harapan yang ingin anda sampaikan kepada pemberi layanan ?

Format penilaian hasil terlampir
b.      Penialaian proses
Penilaian proses mengacu pada sikap peserta didik yaitu keterbukaan, ketekunan belajar, kerajinan dan kedisiplinan.

Format penilaian proses terlampir

14.    Catatan Khusus                                  :  Jika mahasiswa membutuhkan informasi lanjut,
                                                              konselor siap melanyani secara khusus.

                                                                                                       Semarang, 27 Oktober  2014
Mengetahui,

Dosen Pembimbing                                                                                        Praktikan         


                                                                                                                     Reza Tri Astuti
                                                                                                                   NIM. 1301413072





PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
LAISEG


Hari, Tanggal Layanan            :  ........................................................
Jenis Layanan                          :  .............................Perorangan / Klasikal *)
Pemberi Layanan                    :  ..............................
                          
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
1.   Topik-topik apakah yang telah dibahas melalui layanan tersebut? .....................................................................................................................................
2.   Hal-hal atau pemahaman baru apakah yang Anda peroleh dari layanan tersebut? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
3.   Bagaimanakah perasaan Anda setelah mengikuti layanan tersebut? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
4.   Hal-hal apakah yang akan Anda lakukan setelah mengikuti layanan tersebut? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
5.   Apakah layanan yang Anda ikuti berkaitan langsung dengan masalah yang Anda alami?
a.       Apabila ya, keuntungan apa yang Anda peroleh? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
b.      Apabila tidak, keuntungan apa yang Anda peroleh? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................
6.   Tanggapan, saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan? ..........................................................................................................................................................................................................................................................................

                                                                                          ................, ............................




                                                                                                           ....................................
*) Coret salah satu                                                               









INSTRUMEN PENILAIAN PROSES LAYANAN INFORMASI *KLASIKAL
BIMBINGAN DAN KONSELING

Nama Siswa                :  ……………………………………………
Kelas                           :  ……………………………………………
Topik                           : …………………………………………….
No
Indikator yang diamati
Penilaian
A
B
C
1.
Partisipasi peserta didik dalam mengikuti layanan



2.
Keaktifan
Bertanya





Menjawab



Menyampaikan Ide



3.
Kedisiplinan



4.
Tanggung Jawab



5.
Kerjasama



6.
Ramah terhadap teman



Keterangan : 
A  :  Baik         =  Jumlah  Skor 7 - 9
 B :  Cukup      =  Jumlah skor  4 - 6
 C  :  Kurang    =  Jumlah skor  1 – 3



MATERI LAYANAN

1.      Belajar Efektif dan Efisien
Menurut Winkel, Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon.
Belajar efektif adalah cara belajar yang teratur, tuntas, secara berkesinambungan dan produktif yakni menghasilkan kepandaian, pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap mental dan intelektual yang baik serta bertanggung jawab. Tujuan dari belajar efektif ini adalah untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan, jika siswa belajarnya tidak teratur, tidak tuntas, tidak terus menerus dan tidak sungguh-sungguh baik di sekolah maupun di rumah maka bisa menyebabkan tidak tercapainya sasaran belajar yang diharapkan dan bahkan sebaliknya.
2.      Penyebab mahasiswa malas belajar
·         Terlalu mengandalkan teman
Seorang mahasiswa bisa malas belajar karena punya teman yang lebih pintar darinya untuk diandalkan, baik untuk mengerjakan tugas, maupun saat mengerjakan soal UTS. Siswa yang seperti ini biasanya mengharapkan sontekan agar mendapatkan nilai yang tinggi atau setidaknya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Berbagai upaya dapat dilakukan agar mendapatkan sontekan.
·         Pengaruh HP
HP juga bisa menjadi penyebab mahasiswa malas belajar. Salah satunya adalah mengirim SMS saat belajar, bukan sekali atau dua kali saja, melainkan berkali-kali. Ketika sedang seriusnya belajar, konsentrasi belajar bisa pecah kalau ada SMS masuk. Karena penasaran, dibukalah SMS itu, lalu dibalas. Pengirim SMS membalas lagi, lalu dibalas lagi dan seterusnya. Saat kembali mau belajar, bingung sampai mana tadi belajar. Kalau terlalu lama saling berkirim SMS, bisa lupa sampai malam dan akhirnya tidak ada lagi semangat belajar.
·         Program televisi
·         Kurang suka mata kuliah tertentu
·         Pacaran
·         Peran orang tua
·         Pergaulan
·         Sering main
3.      Prinsip Efisiensi dalam Belajar
Belajar merupakan hal yang erat kaitannya dengan prinsip ekonomi. Tegasnya, makin cepat seseorang dalam belajar dengan prestasi yang sama maka makin baiklah keadaan itu. Dengan demikian, pada belajar berlaku pula hukum efisiensi. Makin cepat seseorang belajar dengan hasil sama maka akan semakin baik. Cara belajar seperti itulah yang baik dan efisien. Ada pula orang yang mengatakan bahwa “ belajar adalah time comsuming job”.
4.      Prinsip Belajar
·         Dorongan atau motivasi
·         Memusatkan perhatian
·         Mengerti untuk menghafalkan
·         Mengulang-ulang
·         Yakin akan berguna
·         Istirahat
·         Mempelajari hal yang baru
·         Mengutarakan kembali
·         Menghindari hal-hal yang menghambat
5.      Hal – hal yang Harus Diperhatikan dalam Belajar
3.1.   Dirimu sendiri
a.    Lebih dahulu kamu harus merasa senang terhadap pelajaran itu. Kalau ada rasa senang maka di dalam hatimu akan timbul kemauan untuk membuka-buka dan mempelajari, tidah mudah untuk diam. Untuk menimbulkan rasa ini, sadarlah bahwa pelajaran itu demi kebaikanmu sendiri, bukan untuk Bpk/Ibu Dosen.
b.   Senanglah kepada Bpk/Ibu Dosen yang telah memberikan mata kuliah tersebut.
c.    Jagalah badanmu agar tetap sehat, dengan senam pagi,serta makan secara teratur, baik mengenai waktu (jam) maupun yang dimakan.
d.   Percayalah bahwa kamu pasti mampu mengatasi mata kuliah itu dengan ketekunanmu.
e.    Biasakan kamu selalu melaksanakan rencana yang sudah kamu tetapkan sebelumnya (disiplin).
f.    Pakailah pakaian sederhana waktu belajar agar tidak lekas masuk angin.
3.2.   Tempat belajar
a.    Sediakan tempat yang teratur. Apakah harus di ruang belajar yang khusus ? Tidak ! Memang lebih bagus kalau ada dan ini memang yang ideal.
b.   Jangan tempat yang berangin
c.    Penerangan cukup
d.   Tempat yang tenang
e.    Aturlah tempat itu serapi-rapinya.
3.3.   Bahan yang dipelajari
a.    Tentukan bahan apa yang akan dipelajari lebih dulu, jangan bercampur baur.
b.   Taati ketetapanmu sendiri
c.    Sediakan alat yang berhubungan dengan pelajaran itu agar tidak sering pergi mengambilnya
3.4.   Waktu belajar
05.00-05.30 Biasakan bangun lebih awal (paling siang jam 5 pagi ), terus mandi, ibadah dll.
05.30-06.30 Gunakan untuk belajar pagi, mengulangi secara selintas apa yang dipelajari di sore harinya
06.30-07.30 Menjelang masuk sekolah, digunakan untuk mempersiapkan makan pagi (kalau bisa makan pagi). Berpakaian, berangkat ke sekolah.
07.30-13.00 Di sekolah. Gunakan waktu ini betul-betul untuk menambah ilmu, dengarkan baik-baik bapak ibu dosen yang sedang mengajarmu. Sebaiknya, waktu istirahat kamu gunakan untuk bersenda gurau dengan teman, bercerita,dan sebagainya, yang penting harus di luar untuk mencari pertukaran udara.
13.00-14.30 Istirahat siang, dengarkan radio (kalau ada) baca Koran, main sama saudara dan sembahyang.
14.30-16.00 Tidurlah/istirahatlah
16.00-17.30 Sesudah mandi, belajarlah dan ulangi lagi pelajaran siang hari.
17.30-19.30 Isilah waktumu dengan membantu ibu, makan, ibadah, istirahat, mempersiapkan apa yang akan dipelajari
19.30-21.30 Belajar malam, mempelajari pelajaran-pelajaran untu besok pagi
21.30-22.00 Istirahat dan sembahyang
22.00-05.00 Tidur
Pada hari minggu, gunakan waktumu untuk betul-betul istirahat/rekreasi. Latihan pramuka, mencuci, bekerja membantu orang tua, atau bermain-main ke tempat kawan, ketempat yang enak, lihat bioskop (kalau ada uang), ke kebun binatang dll.
3.5.   Istirahat/refreshing
Istirahat sebagai selingan belajar, mungkin dengan ke luar sebentar, menyanyi, senam kecil,dsb.
6.      Tips belajar efektif
·         Belajar tanpa mood
·         Belajarlah ditempat yang anda suka
·         Jangan belajar terlalu banyak ketika akan ujian
·         Belajar sambil berdiskusi, mendengarkan music
·         Jangan hanya menghafal
·         Cintailah mata kuliah anda
·         Jangan malu-malu bertanya
·         Ingat tujuan utama anda kuliah



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar dengan Menggunakan Bahasa yang Sopan ya guys
Terimakasih :D