RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/ SATUAN
LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
LAYANAN INFORMASI
1.
Topik Bahasan : Sehat belajar melalui belajar efektif dan efisien
2.
Bidang Bimbingan : Belajar
3.
Fungsi Layanan : Pemahaman
4.
Sasaran
Layanan/Semester : Mahasiswa
BK UNNES /
Semester 3
5.
Tempat Penyelenggaraan : Di Gedung
A2, LAB BK
6.
Waktu Penyelenggaraan : (1 x 35 menit ) 1 x Pertemuan
7.
Pihak-pihak yang
Dilibatkan : Mahasiswa BK UNNES semester 3 rombel 2
8.
Metode : Ceramah,
Diskusi, Pemberian tugas
9.
Tujuan Layanan :
·
Mahasiswa dapat menafsirkan
pengertian dari belajar, belajar efektif dan efisien.
·
Mahasiswa dapat memahami
prinsip efisiensi dalam belajar.
·
Mahasiswa dapat
mengetahui cara yang harus dilakukan dalam belajar yang efektif dan efisien.
·
Mahasiswa dapat
merencanakan dan membuat jadwal untuk belajar dengan teratur.
10.
Materi :
Sehat belajar melalui belajar efektif dan efisien
·
Pengertian
belajar efektif dan efisien
·
Prinsip
belajar
·
Cara
belajar yang efektif dan efisien
·
Jadwal
yang efektif untuk teratur belajar
·
Tips
belajar secara efektif
11.
Uraian
Kegiatan/Skenario :
a.
Kegiatan
pendahuluan :
1) Pembinaan hubungan baik : Salam,
Pembukaan, Perkenalan
2) Apersepsi dari layanan yang akan diberikan
3) Penyampaian tujuan pemberian layanan
b.
Kegiatan
Inti :
1) Mengamati ( learning To
know) àBerpikir
Mahasiswa
dalam keadaan duduk berkelompok, konselor menanyakan
apakah yang mahasiswa
ketahui tentang belajar efektif dan efisien
? Dilanjutkan dengan menanyakan kebiasaan
belajar yang saat ini mereka jalani.
2) Menanya ( learning To
know) à Merasa
Mahasiswa
secara perwakilan mampu menceritakan kebiasannya menggunakan waktu untuk belajar.
3) Mengumpulkan Informasi (learning To know)àBersikap
Mahasiswa
dapat mengidentifikasi permasalahan belajar yang dialami dan menguraikan faktor
penyebabnya dalam belajar menurut materi yang telah disampaikan.
4) Mengasosiasi ( Learning
to do)àBertindak
Mahasiswa
diarahkan untuk membuat jadwal belajar yang efektik dan sehat.
5) Mengkomunikasikan
(learning To Live Together)àBertanggungjawab
Mahasiswa
dapat menyimpulkan kembali materi yang telah disampaikan menurut bahasa sendiri
c.
Kegiatan Penutup
1) Merangkum hasil
kegiatan pemberian layanan
2) Evaluasi
3) Motivasi
12. Sumber/Bahan,
Media, dan Alat
:
a. Sumber :
1)
Bahan Bacaan : internet
A.Ahmadi,
Widodo S. 2004.Psikologi Belajar.Jakarta:
PT RINEKA CIPTA
S.
Nasution,2000. Berbagai Pendekatan Dalam
Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
2)
Powerpoint
b. Media :
Powerpoint,
c. Alat : Laptop,
LCD, , papan tulis, spidol
13. Rencana
Penilaian : penilaian hasil dan proses
a. Penilaian
Hasil
Laiseg :
Memberi pertanyaan
secara acak kepada siswa setelah layanan diberikan:
·
Apa sajakah topic yang
telah dibahas dalam layanan ini?
·
Apa manfaat dari pemberian layanan ini?
· Bagaimana cara yang anda lakukan setelah
diadakan layanan ini dalam kebiasaan belajar anda?
· Apa tanggapan, saran, atau harapan yang ingin
anda sampaikan kepada pemberi layanan ?
Format penilaian hasil terlampir
b.
Penialaian proses
Penilaian
proses mengacu pada sikap peserta didik yaitu keterbukaan, ketekunan belajar,
kerajinan dan kedisiplinan.
Format penilaian proses terlampir
14. Catatan
Khusus : Jika mahasiswa
membutuhkan informasi lanjut,
konselor
siap melanyani secara khusus.
Semarang, 27 Oktober 2014
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikan
NIM. 1301413072
PENILAIAN HASIL
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
LAISEG
Hari, Tanggal Layanan :
........................................................
Jenis Layanan : .............................Perorangan / Klasikal *)
Pemberi Layanan : ..............................
Isilah titik-titik di bawah ini dengan singkat.
1.
Topik-topik
apakah yang telah dibahas melalui layanan tersebut?
.....................................................................................................................................
2.
Hal-hal
atau pemahaman baru apakah yang Anda peroleh dari layanan tersebut?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................
3.
Bagaimanakah
perasaan Anda setelah mengikuti layanan tersebut?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................
4.
Hal-hal
apakah yang akan Anda lakukan setelah mengikuti layanan tersebut?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Apakah
layanan yang Anda ikuti berkaitan langsung dengan masalah yang Anda alami?
a.
Apabila
ya, keuntungan apa yang Anda peroleh?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................
b.
Apabila
tidak, keuntungan apa yang Anda peroleh?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................
6.
Tanggapan,
saran, pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................
................,
............................
....................................
*) Coret salah satu
INSTRUMEN PENILAIAN PROSES LAYANAN
INFORMASI *KLASIKAL
BIMBINGAN DAN KONSELING
Nama Siswa : ……………………………………………
Kelas : ……………………………………………
Topik : …………………………………………….
No
|
Indikator yang diamati
|
Penilaian
|
|||
A
|
B
|
C
|
|||
1.
|
Partisipasi peserta didik dalam mengikuti
layanan
|
|
|
|
|
2.
|
Keaktifan
|
Bertanya
|
|
|
|
|
|
Menjawab
|
|
|
|
Menyampaikan
Ide
|
|
|
|
||
3.
|
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
4.
|
Tanggung Jawab
|
|
|
|
|
5.
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
6.
|
Ramah terhadap
teman
|
|
|
|
Keterangan :
A :
Baik = Jumlah
Skor 7 - 9
B :
Cukup = Jumlah skor
4 - 6
C
: Kurang =
Jumlah skor 1 – 3
MATERI
LAYANAN
1.
Belajar
Efektif dan Efisien
Menurut Winkel, Belajar adalah semua
aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam
lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Menurut Ernest R. Hilgard dalam (Sumardi
Suryabrata, 1984:252) belajar merupakan
proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan
perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh
lainnya.
Belajar adalah perubahan
yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari
pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya
interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu
jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam
belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa
respon.
Belajar efektif adalah
cara belajar yang teratur, tuntas, secara berkesinambungan dan produktif yakni
menghasilkan kepandaian, pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap mental
dan intelektual yang baik serta bertanggung jawab. Tujuan dari belajar efektif
ini adalah untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan, jika siswa belajarnya
tidak teratur, tidak tuntas, tidak terus menerus dan tidak sungguh-sungguh baik
di sekolah maupun di rumah maka bisa menyebabkan tidak tercapainya sasaran
belajar yang diharapkan dan bahkan sebaliknya.
2.
Penyebab
mahasiswa malas belajar
·
Terlalu mengandalkan teman
Seorang mahasiswa bisa malas belajar karena punya teman yang lebih
pintar darinya untuk diandalkan, baik untuk mengerjakan tugas, maupun saat
mengerjakan soal UTS. Siswa yang seperti ini biasanya mengharapkan sontekan
agar mendapatkan nilai yang tinggi atau setidaknya mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal). Berbagai upaya dapat dilakukan agar mendapatkan sontekan.
·
Pengaruh HP
HP juga bisa menjadi penyebab mahasiswa malas belajar. Salah satunya
adalah mengirim SMS saat belajar, bukan sekali atau dua kali saja, melainkan
berkali-kali. Ketika sedang seriusnya belajar, konsentrasi belajar bisa pecah
kalau ada SMS masuk. Karena penasaran, dibukalah SMS itu, lalu dibalas. Pengirim
SMS membalas lagi, lalu dibalas lagi dan seterusnya. Saat kembali mau belajar,
bingung sampai mana tadi belajar. Kalau terlalu lama saling berkirim SMS, bisa
lupa sampai malam dan akhirnya tidak ada lagi semangat belajar.
·
Program
televisi
·
Kurang suka
mata kuliah tertentu
·
Pacaran
·
Peran orang
tua
·
Pergaulan
·
Sering main
3.
Prinsip
Efisiensi dalam Belajar
Belajar merupakan hal
yang erat kaitannya dengan prinsip ekonomi. Tegasnya, makin cepat seseorang
dalam belajar dengan prestasi yang sama maka makin baiklah keadaan itu. Dengan
demikian, pada belajar berlaku pula hukum efisiensi. Makin cepat seseorang
belajar dengan hasil sama maka akan semakin baik. Cara belajar seperti itulah
yang baik dan efisien. Ada pula orang yang mengatakan bahwa “ belajar adalah
time comsuming job”.
4.
Prinsip
Belajar
·
Dorongan atau motivasi
·
Memusatkan perhatian
·
Mengerti untuk menghafalkan
·
Mengulang-ulang
·
Yakin akan berguna
·
Istirahat
·
Mempelajari hal yang baru
·
Mengutarakan kembali
·
Menghindari hal-hal yang menghambat
5.
Hal
– hal yang Harus Diperhatikan dalam Belajar
3.1. Dirimu
sendiri
a. Lebih
dahulu kamu harus merasa senang terhadap pelajaran itu. Kalau ada rasa senang
maka di dalam hatimu akan timbul kemauan untuk membuka-buka dan mempelajari,
tidah mudah untuk diam. Untuk menimbulkan rasa ini, sadarlah bahwa pelajaran
itu demi kebaikanmu sendiri, bukan untuk Bpk/Ibu Dosen.
b. Senanglah
kepada Bpk/Ibu Dosen yang telah memberikan mata kuliah tersebut.
c. Jagalah
badanmu agar tetap sehat, dengan senam pagi,serta makan secara teratur, baik
mengenai waktu (jam) maupun yang dimakan.
d. Percayalah
bahwa kamu pasti mampu mengatasi mata kuliah itu dengan ketekunanmu.
e. Biasakan
kamu selalu melaksanakan rencana yang sudah kamu tetapkan sebelumnya
(disiplin).
f. Pakailah
pakaian sederhana waktu belajar agar tidak lekas masuk angin.
3.2. Tempat
belajar
a. Sediakan
tempat yang teratur. Apakah harus di ruang belajar yang khusus ? Tidak ! Memang
lebih bagus kalau ada dan ini memang yang ideal.
b. Jangan
tempat yang berangin
c. Penerangan
cukup
d. Tempat
yang tenang
e. Aturlah
tempat itu serapi-rapinya.
3.3. Bahan
yang dipelajari
a. Tentukan
bahan apa yang akan dipelajari lebih dulu, jangan bercampur baur.
b. Taati
ketetapanmu sendiri
c. Sediakan
alat yang berhubungan dengan pelajaran itu agar tidak sering pergi mengambilnya
3.4. Waktu
belajar
05.00-05.30 Biasakan bangun lebih awal (paling siang jam 5
pagi ), terus mandi, ibadah dll.
05.30-06.30 Gunakan untuk belajar pagi, mengulangi secara
selintas apa yang dipelajari di sore harinya
06.30-07.30 Menjelang masuk sekolah, digunakan untuk
mempersiapkan makan pagi (kalau bisa makan pagi). Berpakaian, berangkat ke
sekolah.
07.30-13.00 Di sekolah. Gunakan waktu ini betul-betul untuk
menambah ilmu, dengarkan baik-baik bapak ibu dosen yang sedang mengajarmu.
Sebaiknya, waktu istirahat kamu gunakan untuk bersenda gurau dengan teman,
bercerita,dan sebagainya, yang penting harus di luar untuk mencari pertukaran
udara.
13.00-14.30 Istirahat siang, dengarkan radio (kalau ada)
baca Koran, main sama saudara dan sembahyang.
14.30-16.00 Tidurlah/istirahatlah
16.00-17.30 Sesudah mandi, belajarlah dan ulangi lagi
pelajaran siang hari.
17.30-19.30 Isilah waktumu dengan membantu ibu, makan,
ibadah, istirahat, mempersiapkan apa yang akan dipelajari
19.30-21.30 Belajar malam, mempelajari pelajaran-pelajaran
untu besok pagi
21.30-22.00 Istirahat dan sembahyang
22.00-05.00 Tidur
Pada hari minggu,
gunakan waktumu untuk betul-betul istirahat/rekreasi. Latihan pramuka, mencuci,
bekerja membantu orang tua, atau bermain-main ke tempat kawan, ketempat yang
enak, lihat bioskop (kalau ada uang), ke kebun binatang dll.
3.5. Istirahat/refreshing
Istirahat sebagai
selingan belajar, mungkin dengan ke luar sebentar, menyanyi, senam kecil,dsb.
6.
Tips
belajar efektif
·
Belajar tanpa mood
·
Belajarlah ditempat yang anda suka
·
Jangan belajar terlalu banyak ketika
akan ujian
·
Belajar sambil berdiskusi, mendengarkan
music
·
Jangan hanya menghafal
·
Cintailah mata kuliah anda
·
Jangan malu-malu bertanya
·
Ingat tujuan utama anda kuliah
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan Berkomentar dengan Menggunakan Bahasa yang Sopan ya guys
Terimakasih :D